Kamis, 01 Desember 2016

Apa Sih Pentingnya Mempelajari Google Platforms dan Google Application



Banyak Teman yang bertanya ataupun peserta di kelas training Digital Mareketing yang saya berikan Bahkan kita sekarang wajib memahami dan bisa menggunakan Semua Google Platforms/Applications/Featured/Servives dari Google yang tersedia dan umumnya tersedia secara gratis. Karena Google memang meng-adopt concept freemium business yaitu pada umumnya services atau application yang disediakan dapat kita gunakan secara gratis dan google banyak mendapatkan revenues dari para pemasang iklan di Google Seacrh atau di Youtube maupun baik dengan google adsense maupun yang deal langsung dengan marketing services dari Google.

Kembali kepada pertanyaan diatas Apakah pentingnya kita memahami dan menguasai Google Platforms dengan baik?. Toh kita selama ini sudah familiar dengan Google Search Engine – Gmail – Youtube – Gmaps – Blogger dll, dan itu lebih dari cukup kok?. Statement ini mungkin benar mungkin saja salah tergantung kita melihat dari sisi mana. Sama dengan kita menggunakan Smartphone yang mahal dengan tampilan yang keren dan layar yang canggih serta koneksi data 4G LTE dan featured canggih lainya tapi kalau kita hanya menggunakan untuk menelpon – SMS-an atau main facebookan.. Apakah itu salah? Bisa  Ya bisa tidak, tergantung kita melihat dari sisi mana. Kalau dilihat dari sisi Bisnis atau Kalangan Profesional sangat sayang  kalau hanya menggunakan Smartphone Iphone 6 atau Samsung S6 atau Smartphone canggih dan mahal lainnya, karena toh kalau hanya untuk menelepon atau SMS cukup pakai featured Phone Samsung atau Nokia yang baterynya bisa tahan sampai 5 hari atau seminggu kalau hanya digunakan untuk Telpon dan SMS, sementara kita sudah punya Smartphone canggih dan relatif boros battery kadang harus pakai Powerbank untuk back up tapi hanya digunakan untuk Telpon dan SMS serta Facebook-an.

Kira-kita demikianlah halnya dengan Penggunaan dan penguasaan kita terhadap Applikasi atau Platforms dari Google atau Aphabet Company. Kenapa Banyak sekali Featured atau Applikasi atau Platforms atau services yang bisa digunakan dalam kehidupan zaman 4G atau Broadband Era sekarang. Misalnya untuk E-Mail banyak featured yang bisa kita gunakan misalnya disamping kapasitas penyimpanan termasuk Drive Services (Cloud) 15 GB (Free) dan kita bisa gunakan untuk back up data contact atau WA atau Apps Mobile lainnya sehingga secara kalau kita buka suatu Applikasi Mobile semisal Photograph Collage kita sampai heran kok bisa ya foto jadul kita bisa ketemu sama Apps tersebut, Anda tahu itulah kerja dari Google Platforms.

Sekarang Banyak Apps yang ada di IOS maupun Android menggunakan support dari Google untuk services-nya sehingga seperti yang saya sebutkan diatas bahwa kalau boleh dikata sekarang yang menguasai dunia Bukan China sebagai Negara atau USA tetapi adalah Google atau Aplhabet dan Apple Corp, kenapa Coba dibayakan User Gmail dan Android yang sudah lebih dari 1.5 Milyar dan Pengguna IOS (Iphone dan Ipad) lebih dari 1 Milyar, bisa dibayankan banyak data yang dikuasai oleh Google Group dan Apple Corp.


Perlu kita ingat setiap kita beli smartphone maka secara tidak sadar kita telah menyerahkan data kita kepada Google atau Apple, nah itulah sebagai gambaran sederhananya.
Kembali ke Google Platform selain Gmail tentu yang familiar adalah Google Search Engine dimana sekarang hampi 90% Netizen menggunakannya kecuali di Tiongkok yang menggunakan Baidu. Google Search juga banyak featured yang bisa kita gunakan mulai pencarian umum – image – video – buku – dll serta kita kita bisa setting lokasi dan waktu atau periode pencariannya dengan harapan kita bisa mendapatkan apa yang mau kita cari dengan hasil yang cepat dan akurat.
Demikian juga halnya dengan YouTube tidak hanya untuk tonton video musik tapi sekarang sudah banyak digunakan untuk live streaming jadi sudah seperti salurang TV Online, disamping itu ada banyak video yang berisi tentang pengetahuan dan perkembangan teknologi terkini dan sekarang sudah banyak juga Universitas dan Broadcast Company menggunakan featured live streaming YouTube.

Selanjutnya ada lagi yang kita sebut dengan Google Doc disini ada untuk Document – Spreadsheet – Drawing – Presentation, artinya apa kita menggunakan ini sebagai pengganti Microsoft Office dan file dari MS Office compatible dengan Google Docs
Selanjutnya ada lagi Google Maps yang sekarang sudah seperti GPS dan bisa digunakan atau diinstalled di Smartphone sehingga sudah bisa mengganti fungsi GPS, dan kita bisa juga Tagging Alamat kita dan Lokasi yang kita inginkan serta tagging atau upload foto2 di lokasi tersebut baik langsung di Google Maps maupun melalui Apps Paranomio.
Demikian juga dengan Blogger – Google Site dan Goole Office serta banyak faetured lainnya yang sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari di zaman modern dan Hi Tech serta Connected seperti sekarang.

Mungkin itu dulu sebagai gambaran awal masih banyak lagi Google Platform yang lain baik Web Version maupun Mobile Version seperti yang terbaru Google Allo dan Google Dua serta Google Classroom dll.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih
Bekasi 2 Desember 2016

@Rizal2407
Masrizal Umar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar