Jumat, 09 Desember 2016

Digital Marketing Series – Digital Marketing dan Branding serta e-Commerces di Indonesia


Digital Marketing dan Digital Marketing sekarang ini menjadi topik hangat khususnya diantara pelaku pemasaran atau marketing di Indonesia. Kami beberapa kali dihubungi oleh beberapa orang kolega yang menanyakan tentang Implementasi Digital Marketing dan Branding di Indonesia, kemudian apa sih perbedaan Digital Marketing dan Branding dengan Online Store atau E-Commerce?.
Pertanyaan diatas memang sering muncul sejalan dengan makin populernya Bukalapak – Tokopedia – Kaskus – Lazada – Bhinneka – Elevenia – Zalora dll beberapa Online store papan atas di Indonesai terus setahun belakangan kita lihat Traveloka dan Matahari Mall jor-joran dalam Iklan baik di Televisi maupun di media online lainnya.
Kemudian muncul pertanyaan apakah hal diatas merupakan Digital Marketing? Terus apa bedanya dengan perusahaan terkenal atau Most Admired Company seperti Telkom – Chevron Indonesia – BCA – Mandiri serta Garuda Indonesia – XL Axiata – Astra – Pertamina dll juga aktif melakukan Iklan di Media Online dan bahkan sering Blocking Frame Advertising? Itu juga sudah termasuk Digital Marketing.
Sebelum kita membicarakan lebih jauh lebih baik kita lihat term dan maksud dari Digital Marketing – Digital Branding – serta E-Commerce (Ref. Wikipedia.Com and AMA)
Digital Marketing is an umbrella term for the marketing of products or services using digital technologies, mainly on the Internet, but also including mobile phones, display advertising, and any other digital medium. Improve Engagement with our costumers
Digital Branding is a brand management technique that uses a combination of internet branding and digital marketing to develop a brand over a range of digital venues, including internet-based relationships, device-based applications or media content
E-Commerce is The trading or facilitation of trading in products or services using computer networks, such as the Internet or online social networks.
·         Mobile commerce
·         Electronic funds transfer
·         Supply chain management
·         Internet marketing 
·         Online transaction processing 
·         Electronic data interchange (EDI) 
·         Inventory management systems - automated data collection systems.


Jadi kalau gampangnya adalah Digital Marketing dan Branding adalah Rangkaian Aktifitas Marketing dan Branding yang menggunakan Media Digital sementara e-commerce adalah Kegiatan Sales – Marketing dan Distribution serta Customer Relation Management yang menggunakan Platforms Digital atau Internet.
Atau kalau bahasa pasarnya atau sederhananya E-Commerce seperti Bukalapak – Tokopedia– Lazada dll seperti Halnya Pasar Tanah Abang – Senayan City atau Pondok Indah Mall yang dilakukan dengan Platforms digital sehingga Customer atau Consumers tidak perlu keluar rumah atau kantornya cukup dengan Gadget mereka melakukan Transaksi dan menunggu barang yang dipesan di tempat tujuan. Makanya sekarang yang sangat pesat perkembangannya adalah Jasa Pengiriman seperti PT Pos Indonesia – JNE – TIKI dll, serta tentunya dunia keuangan dan perbankangan untuk payment system-nya.
Terus kalau Digital Marketing dan Branding dimana posisinya?.. Kalau kita buat analogy sederhana juga tentu kedua hal diatas adalah kegiatan Marketing dan Branding dengan memanfaatkan media digital atau internet dan tentu dengan cara dan strategy yang cukup jauh berbeda. Karena untuk digital media konsumen atau pelanggan itu sangat dinamis sehingga kita harus selalu connected dan engage dengan mereka.
Kalau kita lihat untuk E-Commerces di Indonesia perkembangannya sangat pesat sekarang siapa yang tidak kenal dengan Taveloka – Bukalapak – Tokopedia dll, demikian juga dengan JNE dan Posindo yang semakin popular. Sementara kalau kita bicara Digital Marketing dan Branding di Indonesia, pada umumnya masih banyak terjebak pada Media Social Marketing Traps. Apa itu ya kita mengganggap kalau sudah ada Facebook – Twitter – Website – Instagram dan Youtube serta munkin juga Path dan Google+ sudah dianggap melukan Digital Marketing dan Branding.
Padahal kita tahu kalau kita bicara Digital Marketing dan Branding tidak hanya Media Social Platform tetapi juga
·         Website design (user experience)
·         Search Engine Optimization (SEO)
·         Pay per click (PPC)
·         Social Media Marketing (SMM)
·         Email marketing
·         Display advertising (Banner Ads)
·         Affiliate marketing
·         Content marketing
·         Online reputation management (ORM)

Maka kalau kami melakukan research sederhana belum ada perusahaan atau perusahaan besar sekalipun bahkan yang bergerak dibidang ICT dan kategory Consumer Goods sekalipun yang sudah melakukan secara komprehensive dan masuk secara jelas dalam rencana Business Tahunan mereka. Selama mereka menganggap cukup kalau sudah ada Account Medsos kemudian ada Gimmick Program itu sudah disebut dengan Digital Marketing dan Branding.
Bahkan kalau kita lihat lebih dalam lagi ada perusahaan ICT dan Consumer Good terkenal dimana di Channel YouTube jelas – jelas terpampang product direct competitor mereka tetapi mereka diam atau cuek dan itu sudah berlansung lama bukan sebulan atau dua bulan tetapi bahkan tahunan. Ini artinya apa tidak yang memperhatikan dan memonitor secara seksama. Penulis ingin menampilkan banyak contoh Channel Official dari perusahaan terkenal itu bahkan mungkin Top Ten Company di Indonesia.
Jadi kesimpulannnya masih banyak tantangan dan munkin juga peluang khususnya untuk Implementasi Digital Marketing dan Branding di Indonesia sehingga kalau ini sama-sama  jalankan mungkin perusahaan bisa menekan Budget untuk Marketing secara konvensional dan beralih ke Digital Marketing Platforms. Ini sudah dibuktikan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia  www.kemenpar.go.id bahwa dengan USD yang sama Impact atau Hasil Digital Marketing dan Branding bisa dua (2)  kali lipat dibanding Tradisional Marketing dan Branding. Semoga Bermanfaat..

Bekasi 10 Desember 2016
@Rizal - Masrizal Umar
"Janganlah Berfikir Menjadi Orang Sukses Tapi Berusahalah Menjadi Orang yang Bernilai"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar