Minggu, 04 Desember 2016

Digital Learning - Knowledge Management (KM) di Era Digital


Kalau kita membicarakan atau mendiskusikan Tentang Knowledge Management (Mengelola Ilmu Pengetahuan) adalah term atau istilah yang relatif baru dan mulai Popular di era awal milennial ini yang secara term mulai diperkenalkan awal 1990-an dan salah satu multinational yang terkenal dengan penerapan Knowledege Management dan menjadi benchmarking adalah IBM yang banyak membagi Experience atau pengalaman para karyawan atau profesional dalam perusahaan IBM dalam mengelola atau menjalan suatu project sehingga berjalan sesuai rencana bahkan melebihi dari ekpektasi dari para pelangganya. Knowledege yang dibagi mulai dari perencananaan suatu produk atau project – penawaran kepada customer/pelanggan – pelaksaaan project – change management kepada user/pelanggan dan live project/implemantation project dalam memberikan solusi terbaik kepada pelanggannya. Semua Pengalaman ini didokumentasikan dengan baik serta sebuah Aplikasi atau Platform sehingga bisa di akses seluruh karyawan IBM diseluruh dunia. Kemudian tidak cukup di situ Management IBM juga membuka ruang atau memfasilitasi para expertise mereka untuk berbagi dengan sesama sehingga mempercepat sharing pengetahuan dan pengalaman sehingga menjadi IBM salah perusahaan/organisasi pembelajar (Learning Organization).
Banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam implementasi Knowledege Management jika diterapkan dan dikelola dengan baik. Misalnya untuk kasus IBM misalnya jika perusahaan mereka mendapat project atau memberikan pelayanan sejenis kepada para pelanggan yang berbeda atau Group pelanggan sama tapi beda lokasi atau beda negara bisa dilakukan Pelaksanaan project lebih cepat dan bisa jadi lebih baik dari project semula karena semua step sudah didokumentasikan dengan baik dan semua kemungkinan kendala dan hambatan sudah diantisipasi dengan baik sehingga project bisa selesai lebih cepat dan bisa jadi dengan kualitas dan harga project yang lebih murah atau lebih effisien baik dari segi waktu maupun biaya secara keseluruhan.
Sekarang kalau kita bicara Knowledege Management (KM) banyak sekali sudut pandang orang atau kita tentang apa itu Knowledge Management sebanarnya, Kalau kita lihat dari term atau definisi yang cukup jelas bisa kita lihat di Wikipedia.com kareda disana dijelaskan juga perjalaan dari istilah tentang KM serta research atau penelitian terakhir yang terkait dengan KM. Kalau kita lihat Definisi KM menurut Wikipedia adalah: “ Knowledge management (KM) is the process of creating, sharing, using and managing the knowledge and information of an organization. It refers to a multi-disciplinary approach to achieving organizational objectives by making the best use of knowledge.
An established discipline since 1991, KM includes courses taught in the fields of business administration, information systems, management, library, and information sciences. Other fields may contribute to KM research, including information and media, computer science, public health, and public policy. Several universities offer dedicated Master of Science degrees in knowledge management.
Many large companies, public institutions, and non-profit organisations have resources dedicated to internal KM efforts, often as a part of their business strategy, information technology, or human resource management departments.]Several consulting companies provide advice regarding KM to these organisations.
Knowledge management efforts typically focus on organizational objectives such as improved performance, competitive advantage, innovation, the sharing of lessons learned, integration, and continuous improvement of the organisation These efforts overlap with organisational learning and may be distinguished from that by a greater focus on the management of knowledge as a strategic asset and a focus on encouraging the sharing of knowledge KM is an enabler of organisational learning.”
Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Knowledge_management
Jadi kalau dilihat dari definisi secara gamblang dapatkah kita sebut bahwa Knowledge Mangement adalah Secara umum KM fokus untuk mencapai tujuan organisasi seperti peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, inovasi, berbagi ilmu/pelajaran, integrasi, dan perbaikan terus-menerus dari organisasi dan KM juga fokus yang lebih besar pada manajemen pengetahuan sebagai strategis aset dan fokus pada mendorong berbagi pengetahuan KM merupakan enabler organisasi belajar
Kalau kita melihat secara global cukup banyak Perusahaan atau oganisasi yang sudah berhasil menerapkan konsep KM dengan baik dan yang paling terkenal adalah IBM dan Google ini bisa dilihat pada link berikut http://www.kmworld.com/Articles/Editorial/Features/KMWorld-100-Companies-That-Matter-in-Knowledge-Management-87872.aspx
Kalau IBM diatas sudah kita bicarakan sebelumnya sementara kalau Google mereka juga Applikasi untuk KM dan mereka juga sering pengundang expertise yang terbaik dibidangnya dan mereka melakukan sharing session secara rutin di Google dan ini bisa kita lihat di YouTube melalui GoogleTalk diantaranya.

Sekarang kalau kita lihat pada saat sekarang ini dalam dunia bisnis Perubahan adalah suatu kepastian. Hal yang sama terjadi pada pemerintahan dan sisi kehidupan kita masing-masing. Akan tetapi, perubahan perlu dikelola dengan benar. Kesalahan perlu didokumentasikan agar tidak terulang dan kesuksesan perlu disebarkan agar dapat ditiru. Tanpa pengelolaan yang benar, resiko bagi organisasi adalah terjadinya "knowledge drain". Knowledge Management (KM) adalah salah satu solusi dari pengelolaan perubahan. Dengan belajar dari kesalahan dan kesuksesan, proses perubahan organisasi dapat berjalan lebih efektif dan kinerja dapat tercapai (www.knocoindonesia.com)
Sekarang di Indonesia Perusahaan seperti PT IBM Indonesia, PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), PT Unilever Indonesia, PT United Tractor dan PT Telkom serta Telkomsel adalah sebagian contoh organisasi yang sudah berhasil mengelola knowledge management (KM), atau pengetahuan sumber daya manusia di dalamnya menjadi sebuah sistem yang bisa dijadikan pembelajaran bagi organisasi lainnya.
Kembali Kepada Konsep KM diatas sekarang apa yang harus kita lakukan untuk kita selaku pribadi baik sebagai seorang profesional – akademisi – pengusaha – birokrat – mahasiswa dan profesi lainnya tentu yang paling pertama kita lakukan sebanyak mungkin berbagilah ilmu sebanyak mungkin kepada orang laing dan yakinlah semakin banyak ilmu kita bagi percayalah ilmu kita tidak akan berkurang malah sebaliknya ilmu kita akan bertambah dan kita akan semangat terus untuk terus belajar untuk mencari ilmu baik melalui Knowledge Management ataupun kita belajar sendiri untuk mencari ilmu yang baru.

Kalaulah semua karyawan atau bagian organisasi melakukan hal diatas maka yakinlah Organisasi kita menjadi Organisasi pembelajar yang terus memiliki keunggulan dan siap memenangkan setiap kompetisi bisnis yang semakin ketat dan dinamis.
Di Era Digital sekarang banyak sumber yang bisa gunakan bahkan dengan bantuan Google secara cepat kita mendapatkan referensi ilmu dan pengetahuan yang kita inginkan dan kalau mau belajar secara Audio Visual kita bisa gunakan YouTube untuk mencari banyak referensi dan supaya terkelompok dengan baik  kita bisa buatkan atau simpan playslist sehingga suatu saat kita perlu kita mudah untuk mencarinya. Demikian juga dengan media sosial lainnya seperti Twitter kita bisa follow seseorang atau organisasi yang sharing membagikan ilmunya misalnya penulis terkenal atau kampus atau lembaga yang bisa kita sebut sebagai center of knowledge atau excellences.
Kalau di FB kita bisa like beberapa fan Pages dari Univesitas atau lembaga research atau komunitas seperti World Economy Forum (WEF) atau Khan Adacemy misalnya atau Harvard atau Stanford University, jadi kita tidak hanya sekedar eksis di medsos tetapi Insha Allah kita juga dapat ilmu dan terus belajar. Selain  itu kita belajar melalui Digital Learning atau Online Learning seperti Lynda.Com (LinkedIn Learning) atau Khan Academy atau MIT CourseWare dan banyak yang lainnya.
Jadi kalau kita sudah dapat ilmu dan kita sudah cukup yakin dengan pemahaman kita silakan terus berbagi dengan yang lain sehingga ilmu itu terus menyebar dan berkembang dan kita juga akan semakin semangat untuk terus memjadi seorang pembelajar karena semakin kita belajar semakin sadar kita masih bodoh dan banyak yang belum kita ketahui dan jadilah orang yang terus menyebar ilmu bak ibarat lilin yang terus menerangi sekelilingnya. Semoga dan selamat terus belajar..
Bekasi, 4 Desember 2016

@Rizal - Masrizal Umar
"Janganlah Berfikir Menjadi Orang Sukses Ta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar