Kalau kita membicarakan atau
mendiskusikan Tentang Knowledge Management (Mengelola Ilmu Pengetahuan) adalah
term atau istilah yang relatif baru dan mulai Popular di era awal milennial ini
yang secara term mulai diperkenalkan awal 1990-an dan salah satu multinational
yang terkenal dengan penerapan Knowledege Management dan menjadi benchmarking
adalah IBM yang banyak membagi Experience atau pengalaman para karyawan atau
profesional dalam perusahaan IBM dalam mengelola atau menjalan suatu project
sehingga berjalan sesuai rencana bahkan melebihi dari ekpektasi dari para
pelangganya. Knowledege yang dibagi mulai dari perencananaan suatu produk atau
project – penawaran kepada customer/pelanggan – pelaksaaan project – change
management kepada user/pelanggan dan live project/implemantation project dalam
memberikan solusi terbaik kepada pelanggannya. Semua Pengalaman ini
didokumentasikan dengan baik serta sebuah Aplikasi atau Platform sehingga bisa
di akses seluruh karyawan IBM diseluruh dunia. Kemudian tidak cukup di situ
Management IBM juga membuka ruang atau memfasilitasi para expertise mereka
untuk berbagi dengan sesama sehingga mempercepat sharing pengetahuan dan
pengalaman sehingga menjadi IBM salah perusahaan/organisasi pembelajar (Learning
Organization).
Banyak manfaat yang bisa diperoleh
dalam implementasi Knowledege Management jika diterapkan dan dikelola dengan
baik. Misalnya untuk kasus IBM misalnya jika perusahaan mereka mendapat project
atau memberikan pelayanan sejenis kepada para pelanggan yang berbeda atau Group
pelanggan sama tapi beda lokasi atau beda negara bisa dilakukan Pelaksanaan
project lebih cepat dan bisa jadi lebih baik dari project semula karena semua
step sudah didokumentasikan dengan baik dan semua kemungkinan kendala dan
hambatan sudah diantisipasi dengan baik sehingga project bisa selesai lebih
cepat dan bisa jadi dengan kualitas dan harga project yang lebih murah atau
lebih effisien baik dari segi waktu maupun biaya secara keseluruhan.
Sekarang kalau kita bicara Knowledege
Management (KM) banyak sekali sudut pandang orang atau kita tentang apa itu
Knowledge Management sebanarnya, Kalau kita lihat dari term atau definisi yang
cukup jelas bisa kita lihat di Wikipedia.com kareda disana dijelaskan juga
perjalaan dari istilah tentang KM serta research atau penelitian terakhir yang
terkait dengan KM. Kalau kita lihat Definisi KM menurut Wikipedia adalah: “ Knowledge
management (KM)
is the process of creating, sharing, using and managing the knowledge and
information of an organization. It refers to a multi-disciplinary approach to
achieving organizational objectives by making the best use of knowledge.
An established discipline since 1991, KM includes courses taught in the fields of business administration, information systems, management,
library, and information sciences. Other fields may
contribute to KM research, including information and media, computer science, public health, and public
policy. Several
universities offer dedicated Master of Science degrees in knowledge management.
Many large companies, public institutions, and non-profit
organisations have resources dedicated to internal KM efforts, often as a part
of their business strategy, information technology, or human resource
management departments.]Several consulting companies provide advice regarding KM to
these organisations.
Knowledge management efforts typically focus on organizational objectives such as improved performance, competitive advantage, innovation, the sharing of lessons learned, integration, and continuous improvement of the organisation These
efforts overlap with organisational learning and may be distinguished from that by a greater focus on the
management of knowledge as a strategic asset and a focus on encouraging the sharing of knowledge KM is an enabler of organisational learning.”
Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Knowledge_management
Jadi kalau dilihat
dari definisi secara gamblang dapatkah kita sebut bahwa Knowledge Mangement
adalah Secara umum KM fokus untuk mencapai tujuan organisasi seperti
peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, inovasi, berbagi ilmu/pelajaran,
integrasi, dan perbaikan terus-menerus dari organisasi dan KM juga fokus yang
lebih besar pada manajemen pengetahuan sebagai strategis aset dan fokus pada
mendorong berbagi pengetahuan KM merupakan enabler organisasi belajar
Kalau kita melihat
secara global cukup banyak Perusahaan atau oganisasi yang sudah berhasil
menerapkan konsep KM dengan baik dan yang paling terkenal adalah IBM dan Google ini bisa dilihat pada link berikut http://www.kmworld.com/Articles/Editorial/Features/KMWorld-100-Companies-That-Matter-in-Knowledge-Management-87872.aspx
Kalau IBM diatas
sudah kita bicarakan sebelumnya sementara kalau Google mereka juga Applikasi
untuk KM dan mereka juga sering pengundang expertise yang terbaik dibidangnya
dan mereka melakukan sharing session secara rutin di Google dan ini bisa kita
lihat di YouTube melalui GoogleTalk
diantaranya.
Sekarang kalau kita lihat pada saat
sekarang ini dalam dunia bisnis Perubahan adalah suatu kepastian. Hal yang sama
terjadi pada pemerintahan dan sisi kehidupan kita masing-masing. Akan tetapi,
perubahan perlu dikelola dengan benar. Kesalahan perlu didokumentasikan agar
tidak terulang dan kesuksesan perlu disebarkan agar dapat ditiru. Tanpa
pengelolaan yang benar, resiko bagi organisasi adalah terjadinya
"knowledge drain". Knowledge Management (KM) adalah salah satu solusi
dari pengelolaan perubahan. Dengan belajar dari kesalahan dan kesuksesan,
proses perubahan organisasi dapat berjalan lebih efektif dan kinerja dapat
tercapai (www.knocoindonesia.com)
Sekarang di Indonesia Perusahaan
seperti PT IBM Indonesia, PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), PT Unilever Indonesia,
PT United Tractor dan PT Telkom serta Telkomsel adalah sebagian contoh
organisasi yang sudah berhasil mengelola knowledge management (KM), atau
pengetahuan sumber daya manusia di dalamnya menjadi sebuah sistem yang bisa
dijadikan pembelajaran bagi organisasi lainnya.
Kembali Kepada Konsep KM diatas
sekarang apa yang harus kita lakukan untuk kita selaku pribadi baik sebagai
seorang profesional – akademisi – pengusaha – birokrat – mahasiswa dan profesi
lainnya tentu yang paling pertama kita lakukan sebanyak mungkin berbagilah ilmu
sebanyak mungkin kepada orang laing dan yakinlah semakin banyak ilmu kita bagi
percayalah ilmu kita tidak akan berkurang malah sebaliknya ilmu kita akan
bertambah dan kita akan semangat terus untuk terus belajar untuk mencari ilmu
baik melalui Knowledge Management ataupun kita belajar sendiri untuk mencari
ilmu yang baru.
Kalaulah semua karyawan atau bagian
organisasi melakukan hal diatas maka yakinlah Organisasi kita menjadi
Organisasi pembelajar yang terus memiliki keunggulan dan siap memenangkan
setiap kompetisi bisnis yang semakin ketat dan dinamis.
Di Era Digital sekarang banyak sumber
yang bisa gunakan bahkan dengan bantuan Google
secara cepat kita mendapatkan referensi ilmu dan pengetahuan yang kita inginkan
dan kalau mau belajar secara Audio Visual kita bisa gunakan YouTube untuk mencari banyak referensi
dan supaya terkelompok dengan baik kita
bisa buatkan atau simpan playslist sehingga suatu saat kita perlu kita mudah
untuk mencarinya. Demikian juga dengan media sosial lainnya seperti Twitter
kita bisa follow seseorang atau organisasi yang sharing membagikan ilmunya
misalnya penulis terkenal atau kampus atau lembaga yang bisa kita sebut sebagai
center
of knowledge atau excellences.
Kalau di FB kita bisa like beberapa
fan Pages dari Univesitas atau lembaga research atau komunitas seperti World Economy Forum (WEF) atau Khan
Adacemy misalnya atau Harvard atau Stanford University, jadi kita tidak hanya
sekedar eksis di medsos tetapi Insha Allah kita juga dapat ilmu dan terus
belajar. Selain itu kita belajar melalui
Digital Learning atau Online Learning seperti Lynda.Com (LinkedIn Learning)
atau Khan Academy atau MIT CourseWare dan banyak yang lainnya.
Jadi kalau kita sudah dapat ilmu dan
kita sudah cukup yakin dengan pemahaman kita silakan terus berbagi dengan yang
lain sehingga ilmu itu terus menyebar dan berkembang dan kita juga akan semakin
semangat untuk terus memjadi seorang pembelajar karena semakin kita belajar
semakin sadar kita masih bodoh dan banyak yang belum kita ketahui dan jadilah
orang yang terus menyebar ilmu bak ibarat lilin yang terus menerangi
sekelilingnya. Semoga dan selamat terus belajar..
Bekasi, 4 Desember 2016
@Rizal -
Masrizal Umar
PT Sintola Solusindo Dinamika https://www.youtube.com/channel/UCfvtOZg5qMAJGPwk1xT03yw
"Janganlah
Berfikir Menjadi Orang Sukses Ta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar