Sabtu, 31 Desember 2016

Digital Marketing Series – Sinergi Wonderful Indonesia dengan Remarkable Indonesia untuk Promosi Pariwisata dan Investasi di Indonesia dan Nation Branding Indonesia



Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sudah menjadi Tagline Kampanye Pariwisata Indonesia yang dalam waktu singkat lebih kurang 2 tahun bisa mengalahkan Popularitas Truly Asia-nya Malaysia dan Amazing Thailand dari sisi Branding Performance walaupun dari sisi jumlah Kunjungan Wisatawan kita masih kalah dari Malaysia dan Thailand, tetapi Strategy Promosi Wonderful Indonesia / Pesona Indonesia dengan media plan serta platforms yang tepat memberikan hasil yang cukup menggembirakan dan dari jumlah kunjungan juga meningkat significant sejalan dengan strategy lainnya yaitu pembenahan Infrastruktur yang terkait pariwisata serta pengembangan Destinasi Wisata baru selain Bali yang selama ini lebih dikenal diluar dari Indonesia sendiri.
Sementara disisi lain Kementrian Perdagangan dan BKPM lebih menggunakan Tagline Remarkable Indonesia untuk promosi perdagangan Indonesia di Luar Negeri serta Promosi Investasi di Indonesia untuk calon Investor di Luar Negeri, Jadi masing-masing kementrian dan lembaga telah berusaha melakukan Branding serta Promosi tentang Indonesia dengan bidang promosi yang terkait dengan kementrian dan lembaga tersebut. Hal inilah yang pernah menjadi perhatian dari Bapak Presiden Joko Widodo yang sangat peduli untuk Nation Branding Indonesia yang kuat dan harus satu paket dan tidak terkotak-kotak, seperti yang pernah disampaikan pada bulan September lalu.
Seperti yang pernah dilaporkan oleh Media Indonesia 27 September 2016, Presiden Ingin Bangun Citra Bangsa yang Kuat
Reputasi suatu bangsa diperlukan untuk meningkatkan daya saing di tingkat global. Sejauh ini, Indonesia belum memiliki citra kuat di mata internasional. Oleh karena itu negara ini perlu nation branding. Demikian hal yang disampaikan Presiden Joko Widodo, ketika membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9). Dalam rapat yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja serta Kepala Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) itu, Presiden menyampaikan kenginannya agar Indonesia membangun citra bangsa di komunitas internasional.
"Sebagai negara besar, Indonesia harus mempunyai citra, harus mempunyai reputasi yang positif di dunia internasional. Kita harus segera mengambil langkah-langkah yang kongkrit dalam rangka memperkuat citra positif Indonesia di dunia internasional," tegasnya.
Jokowi menilai, masing-masing kementerian sudah berupaya membangun citra bangsa di dunia internasional. Namun, koordinasi antarkementerian masih minim sehingga hasilnya tidak maksimal.
"Misalnya, Kemendag mengangkat slogan Remarkable Indonesia, kementerian pariwisara mengusung Wonderful Indonesia. Demikian pula dalam promosi investasi BKPM. Akibatnya, strategi membangun citra positif Indonesia di mata dunia internasional cenderung terpisah pisah, terkotak-kotak, dan berjalan sendiri sendiri," katanya.
Oleh sebab itu, ia menginginkan ada satu branding yang merepresentasikan ciri khas bangsa. Sebuah nation branding, kata Presiden, akan efektif untuk meningkatkan daya saing negara, baik di bidang investasi, perdagangan, ataupun pariwisata. Nation branding juga bisa digunakan sebagai instrumen kekuatan lunak atau soft power dalam membangun hubungan dengan dunia luar dan alat diplomasi.
"Kita lakukan konsolidasi hingga kita mampu nanti bersaing dengan negara negara yang lain. Saya juga minta soft power diperkuat melalui diplomasi kebudayaan kuliner Indonesia dan promosi olah raga. Saya ingatkan bahwa membangun nation branding bukan sebatas membuat logo atau slogan," pungkasnya.
Kalau dilihat berita diatas Bapak Presiden ingin sekali Branding Indonesia sebagai bangsa di Kenal Kuat dan bisa menjadi Top of Mind (TOP) yang positif bagi bangsa lain, karena bisa juga suatu bangsa menjadi TOP yang sifatnya cenderung negatif  bagi bangsa lainnya misalnya Korea Utara atau Irak misalnya.
Kalau dilihat dari pesan Bapak Presiden memang beliau tidak meminta Tagline Wonderful Indonesia dan Remarkable Indonesia digabung atau diganti dengan yang baru tetapi yang beliau minta adalah Sinergi antar lembaga misalnya Kemenpar dengan Kemendag dan BKPM misalnya dan tidak jalan sendiri-sendiri tetapi bisa dilakukan sinergi dan bisa jadi dalam bentu Joint Promotion sehingga orang bisa melihat secara Indonesia secara utuh ,  tidak hanya Bali atau Jawa misalnya tetapi Indonesia secara utuh dari Aceh sampai Papua. Demikian juga dengan promosi Nation Brand dengan usaha yang lain misalnya misi kebudayaan dan bisa jadi budaya Indonesia bisa terkenal seperti K-Pop misalnya sehingga orang makin tertarik untuk datang ke Indonesia. Demikian juga dengan prestasi Olah Raga juga bisa mengangkat Image tentang bangsa Indonesia, walaupun sekarang ini baru Cabang Bulutangkis dan Angkat Besi yang bisa bicara ditingkat dunia baik Olimpiade – Asian Games – Sea Games maupun kejuaran dunia lainnya. Untuk bidang olah raga lainnya seperti Sepak Bola yang menjadi olah raga paling favorit dimuka bumi ini, Indonesia dalam hal ini Pengurus PSSI yang baru terbentuk harus kerja keras untuk membangun prestasi sepakbola yang bisa dibanggakan di pentas Internasional. Selain itu kita juga bisa membangun Brand Nation dengan memperbaiki aturan dan regulasi sehingga misalnya untuk berusaha atau perisizinan untuk investasi lebih mudah dan cepat serta jauh dari praktek pungli juga merupakan suatu usaha untuk membangun Nation Brand. Selain juga bisa dilakukan dengan pendekatan Ekonomi misalnya kita sebagai bangsa bisa menghasilkan produk dengan reputasi Internasional seperti yang dilakukan oleh Bangsa Jepang dengan Toyota-nya atau Sony-nya atau Korea dengan Samsung dan LG-nya atau China dengan Huawei dan Lenovo-nya misalnya. Memang untuk membangun Brand atau Produk dengan reputasi Internasional memang tidak mudah, sekarang misalnya sedang dirintis oleh Pertamina misalnya dengan ekspansi bisnisnya baik untuk hulu maupun hilir misalnya untuk produk lubricant misalnya. Demikian dengan Telkom dan Semen Indonesia. Kemudian juga ada Indofood yang mulai ke ekspansi ke Afrika misalnya.

Kembali kepada tulisan diatas dan mengikuti arahan dari Bapak Presiden, yang perlu dilakukan adalah sinergi dan kerjasama antar lembaga dalam melakukan promosi tentang Indonesia baik bidang Pariwisata – Perdagangan – maupun Investasi misalnya. Untuk ide sederhana yang kami lakukan adalah membuat saluaran Promosi Digital dengan Platforms YouTube dan membuat Channel Remarkable and Wonderful Indonesia - The Best Destination For Investment and Tourism, yang memuat Promosi tentang Pariwisata dan Investasi serta perdagangan Indonesia.
Sekarang pertanyaannya apa featured yang dibuat sehingga bisa mensinergikan promosi Wondeful Indonesia dan Remarkable Indonesia dalam satu channel kemudian dibuatkan Featured Channel yang terhubung atau linkage dengan Wonderful Indonesia – BKPM dan Pergadangan Indonesia.
Kemudian untuk bisa memberikan gambaran yang utuh tentang Indonesia kami juga mencoba membuat Channel Promosi untuk masing-masing provinsi dari Aceh sampai Papua, dan idealnya juga sampai dibuatkan juga untuk masing-masing kota dan kabupaten yang link dengan BPS dan Website masing-masing Provinsi serta Kota dan Kabupaten bersangkutan. Hal ini sudah coba kami siapkan sebagai Benchmark yaitu Provinsi Sumatera Barat beserta 19 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat. https://www.youtube.com/c/ProvinsiSumateraBaratWestSumateraProvince
Sehingga kalau ini dibuatkan untuk masing-masing Provinsi dan Kabupaten di Indonesia https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kabupaten_dan_kota_di_Indonesia yaitu ada 415 Kabupaten dan 93 Kota serta 34 Provinsi di Seluruh Indonesia. Bisa kita bayangkan berapa hebatnya Bangsa Indonesia dan berapa besar Potensinya baik untuk Pariwisata maupun untuk peluang Investasi di Indonesia.
Pertanyaan berikutnya bagaimana cara mempromosikan kepada seluruh dunia seperti tulisan kami sebelum bagaimana membuat suatu tagline atau produk menjadi viral sangatlah mudah, kalaulah semua stakeholder atau anak bangsa mau mendukung program pemerintah ini. Dengan data pengguna Internet yang sudah mencapai 132 Juta tahun 2016 ini, katakanlah yang mau membantu hanya 10% saja misalnya itu artinya ada 13,2 Juta Orang/Netizen bisa kita bayangkan kalau satu Video Promosi Wisata Indonesia ditonton oleh 13.2 Juta orang pasti akan menjadi video yang paling populer di YouTube misalnya, demikian juga halnya dengan Twit di twitter untuk linkvideo dan tagarnya misalkan #WonderfulIndonesia sudah pasti akan menjari #1 Worldwide trending topik demikian juga halnya dengan Instagram – Facebook – Google+ dan LinkedIn serta platforms medsos lainya. Bisa dipastikan setiap hari tagar Indonesia atau Wonderlful Indonesia atau Remarkable Indonesia akan senantiasa menjadi trending topics dan orang-orang diluar pasti penasaran seperti kasus OmTeloletOm mereka tentu tahu lebih jauh tentang Indonesia.
Ini mudah dan murah, yang diperlukan sekali lagi tentu Content Management dan tentu lebih baik untuk Content Management ini ada lembaga yang profesional mengelolanya dan bisa dibuat untuk full year planning dan bisa menggambarkan Indonesia secara utuh baik untuk Pariwisata – Investasi dan Perdagangan serta sektor yang lainnya misalnya perikanan dan pendidikan misalnya.
Cara lain untuk mempromosikan atau membuat viral didunia maya adalah dengan membuat program misalnya pesta Blogger dengan mengangkat tema tentang Wonderful Indonesia atau Remarkable Indonesia, atau bisa juga mengadakan lomba Video potensi wisata untuk masing-masing kabupaten dan kota dan memakai tagar Kabupatenserta Provinsinya serta tentu dengan tagar Wonderlful Indonesia serta Remarkable Indonesia, saya sangat yakin ini akan selalu naik menjadi Trending Topics Dunia.

Mungkin itu yang bisa kami gambarkan bagaimana kita bisa menggunakan kemajuan dunia maya atau Internet apalagi sekarang untuk jaringan Internet sudah tersebar diseluruh pelosok tanah air. Sehingga dengan kesadaran kita sebagai anak bangsa mari kita jalin persatuan dan lupakan perbedaan dan kita sama-sama bertekad untuk menjadi Indonesia negara yang kuat dan hebat serta Persatuan dan NKRI adalah Harga Mati. Lupakan perbedaan politik dan jadikan kebhinekaan sebagai kekuatan bangsa, hanya dengan Like and Share serta Liked/loved serta re-tweeted content tentang Indonesia akan sangat berarti untuk promosi Indonesia dan semoga dengan semakin berkembangnya Pariwisata dan semakin banyaknya Investasi semakin membuka lapangan pekerjaan serta kemajuan untuk bangsa Indonesia. Sehingga bukan tidak mungkin Indonesia menjadi bangsa yang hebat yang bisa berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia dan jauh dari rasa Inferior, dan saya sangat yakin kita pasti bisa – Nothing Impossible...Semoga
Bekasi 31 Desember 2016

@Rizal2407 - Masrizal Umar
"Janganlah Berfikir Menjadi Orang Sukses Tapi Berusahalah Menjadi Orang yang Bernilai"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar