Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sudah menjadi
Tagline Kampanye Pariwisata Indonesia yang dalam waktu singkat lebih kurang 2
tahun bisa mengalahkan Popularitas Truly
Asia-nya Malaysia dan Amazing
Thailand dari sisi Branding Performance walaupun dari sisi jumlah Kunjungan
Wisatawan kita masih kalah dari Malaysia dan Thailand, tetapi Strategy Promosi
Wonderful Indonesia / Pesona Indonesia dengan media plan serta platforms yang
tepat memberikan hasil yang cukup menggembirakan dan dari jumlah kunjungan juga
meningkat significant sejalan dengan strategy lainnya yaitu pembenahan
Infrastruktur yang terkait pariwisata serta pengembangan Destinasi Wisata baru
selain Bali yang selama ini lebih dikenal diluar dari Indonesia sendiri.
Sementara disisi lain Kementrian Perdagangan dan BKPM lebih
menggunakan Tagline Remarkable Indonesia
untuk promosi perdagangan Indonesia di Luar Negeri serta Promosi Investasi di
Indonesia untuk calon Investor di Luar Negeri, Jadi masing-masing kementrian
dan lembaga telah berusaha melakukan Branding serta Promosi tentang Indonesia
dengan bidang promosi yang terkait dengan kementrian dan lembaga tersebut. Hal
inilah yang pernah menjadi perhatian dari Bapak Presiden Joko Widodo yang
sangat peduli untuk Nation Branding Indonesia yang kuat dan harus satu paket
dan tidak terkotak-kotak, seperti yang pernah disampaikan pada bulan September
lalu.
Seperti yang pernah dilaporkan oleh Media Indonesia 27
September 2016, Presiden Ingin Bangun
Citra Bangsa yang Kuat
Reputasi suatu bangsa
diperlukan untuk meningkatkan daya saing di tingkat global. Sejauh ini,
Indonesia belum memiliki citra kuat di mata internasional. Oleh karena itu
negara ini perlu nation branding. Demikian hal yang disampaikan Presiden Joko
Widodo, ketika membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa
(27/9). Dalam rapat yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah
Menteri Kabinet Kerja serta Kepala Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)
itu, Presiden menyampaikan kenginannya agar Indonesia membangun citra bangsa di
komunitas internasional.
"Sebagai negara
besar, Indonesia harus mempunyai citra, harus mempunyai reputasi yang positif
di dunia internasional. Kita harus segera mengambil langkah-langkah yang
kongkrit dalam rangka memperkuat citra positif Indonesia di dunia
internasional," tegasnya.
Jokowi menilai,
masing-masing kementerian sudah berupaya membangun citra bangsa di dunia
internasional. Namun, koordinasi antarkementerian masih minim sehingga hasilnya
tidak maksimal.
"Misalnya,
Kemendag mengangkat slogan Remarkable Indonesia, kementerian pariwisara
mengusung Wonderful Indonesia. Demikian pula dalam promosi investasi BKPM.
Akibatnya, strategi membangun citra positif Indonesia di mata dunia
internasional cenderung terpisah pisah, terkotak-kotak, dan berjalan sendiri
sendiri," katanya.
Oleh sebab itu, ia
menginginkan ada satu branding yang merepresentasikan ciri khas bangsa. Sebuah
nation branding, kata Presiden, akan efektif untuk meningkatkan daya saing
negara, baik di bidang investasi, perdagangan, ataupun pariwisata. Nation
branding juga bisa digunakan sebagai instrumen kekuatan lunak atau soft power
dalam membangun hubungan dengan dunia luar dan alat diplomasi.
"Kita lakukan
konsolidasi hingga kita mampu nanti bersaing dengan negara negara yang lain.
Saya juga minta soft power diperkuat melalui diplomasi kebudayaan kuliner
Indonesia dan promosi olah raga. Saya ingatkan bahwa membangun nation branding
bukan sebatas membuat logo atau slogan," pungkasnya.
- See more at: http://mediaindonesia.com/news/read/69078/presiden-ingin-bangun-citra-bangsa-yang-kuat/2016-09-27#sthash.aV2FFYt9.dpuf
Kalau dilihat berita diatas Bapak Presiden ingin sekali
Branding Indonesia sebagai bangsa di Kenal Kuat dan bisa menjadi Top of Mind
(TOP) yang positif bagi bangsa lain, karena bisa juga suatu bangsa menjadi TOP
yang sifatnya cenderung negatif bagi
bangsa lainnya misalnya Korea Utara atau Irak misalnya.
Kalau dilihat dari pesan Bapak Presiden memang beliau tidak
meminta Tagline Wonderful Indonesia dan
Remarkable Indonesia digabung atau diganti dengan yang baru tetapi yang
beliau minta adalah Sinergi antar lembaga misalnya Kemenpar dengan Kemendag dan
BKPM misalnya dan tidak jalan sendiri-sendiri tetapi bisa dilakukan sinergi dan
bisa jadi dalam bentu Joint Promotion sehingga orang bisa melihat secara
Indonesia secara utuh , tidak hanya Bali
atau Jawa misalnya tetapi Indonesia secara utuh dari Aceh sampai Papua.
Demikian juga dengan promosi Nation Brand dengan usaha yang lain misalnya misi
kebudayaan dan bisa jadi budaya Indonesia bisa terkenal seperti K-Pop misalnya sehingga orang makin
tertarik untuk datang ke Indonesia. Demikian juga dengan prestasi Olah Raga
juga bisa mengangkat Image tentang bangsa Indonesia, walaupun sekarang ini baru
Cabang Bulutangkis dan Angkat Besi yang bisa bicara ditingkat dunia baik
Olimpiade – Asian Games – Sea Games maupun kejuaran dunia lainnya. Untuk bidang
olah raga lainnya seperti Sepak Bola yang menjadi olah raga paling favorit
dimuka bumi ini, Indonesia dalam hal ini Pengurus PSSI yang baru terbentuk
harus kerja keras untuk membangun prestasi sepakbola yang bisa dibanggakan di
pentas Internasional. Selain itu kita juga bisa membangun Brand Nation dengan
memperbaiki aturan dan regulasi sehingga misalnya untuk berusaha atau
perisizinan untuk investasi lebih mudah dan cepat serta jauh dari praktek
pungli juga merupakan suatu usaha untuk membangun Nation Brand. Selain juga
bisa dilakukan dengan pendekatan Ekonomi misalnya kita sebagai bangsa bisa
menghasilkan produk dengan reputasi Internasional seperti yang dilakukan oleh
Bangsa Jepang dengan Toyota-nya atau Sony-nya atau Korea dengan Samsung dan
LG-nya atau China dengan Huawei dan Lenovo-nya misalnya. Memang untuk membangun
Brand atau Produk dengan reputasi Internasional memang tidak mudah, sekarang
misalnya sedang dirintis oleh Pertamina misalnya dengan ekspansi bisnisnya baik
untuk hulu maupun hilir misalnya untuk produk lubricant misalnya. Demikian
dengan Telkom dan Semen Indonesia. Kemudian juga ada Indofood yang mulai ke
ekspansi ke Afrika misalnya.
Kembali kepada tulisan diatas dan mengikuti arahan dari Bapak
Presiden, yang perlu dilakukan adalah sinergi dan kerjasama antar lembaga dalam
melakukan promosi tentang Indonesia baik bidang Pariwisata – Perdagangan –
maupun Investasi misalnya. Untuk ide sederhana yang kami lakukan adalah membuat
saluaran Promosi Digital dengan Platforms YouTube dan membuat Channel Remarkable and Wonderful Indonesia - The
Best Destination For Investment and Tourism, yang memuat Promosi tentang
Pariwisata dan Investasi serta perdagangan Indonesia.
Sekarang pertanyaannya apa featured yang dibuat sehingga bisa mensinergikan promosi Wondeful Indonesia dan Remarkable Indonesia dalam satu channel
kemudian dibuatkan Featured Channel yang terhubung atau linkage dengan
Wonderful Indonesia – BKPM dan Pergadangan Indonesia.
Kemudian untuk bisa memberikan gambaran yang utuh tentang
Indonesia kami juga mencoba membuat Channel Promosi untuk masing-masing
provinsi dari Aceh sampai Papua, dan idealnya juga sampai dibuatkan juga untuk
masing-masing kota dan kabupaten yang link dengan BPS dan Website masing-masing
Provinsi serta Kota dan Kabupaten bersangkutan. Hal ini sudah coba kami siapkan
sebagai Benchmark yaitu Provinsi Sumatera Barat beserta 19 Kabupaten/Kota yang
ada di Provinsi Sumatera Barat. https://www.youtube.com/c/ProvinsiSumateraBaratWestSumateraProvince
Sehingga kalau ini dibuatkan untuk masing-masing Provinsi dan
Kabupaten di Indonesia https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kabupaten_dan_kota_di_Indonesia
yaitu ada 415 Kabupaten dan 93 Kota serta 34 Provinsi di Seluruh Indonesia.
Bisa kita bayangkan berapa hebatnya Bangsa Indonesia dan berapa besar
Potensinya baik untuk Pariwisata maupun untuk peluang Investasi di Indonesia.
Pertanyaan berikutnya bagaimana cara mempromosikan kepada
seluruh dunia seperti tulisan kami sebelum bagaimana membuat suatu tagline atau
produk menjadi viral sangatlah mudah, kalaulah semua stakeholder atau anak
bangsa mau mendukung program pemerintah ini. Dengan data pengguna Internet yang
sudah mencapai 132 Juta tahun 2016 ini, katakanlah yang mau membantu hanya 10%
saja misalnya itu artinya ada 13,2 Juta Orang/Netizen bisa kita bayangkan kalau
satu Video Promosi Wisata Indonesia ditonton oleh 13.2 Juta orang pasti akan
menjadi video yang paling populer di YouTube misalnya, demikian juga halnya
dengan Twit di twitter untuk linkvideo dan tagarnya misalkan
#WonderfulIndonesia sudah pasti akan menjari #1 Worldwide trending topik
demikian juga halnya dengan Instagram –
Facebook – Google+ dan LinkedIn serta platforms medsos lainya. Bisa
dipastikan setiap hari tagar Indonesia atau Wonderlful Indonesia atau
Remarkable Indonesia akan senantiasa menjadi trending topics dan orang-orang
diluar pasti penasaran seperti kasus OmTeloletOm mereka tentu tahu lebih jauh
tentang Indonesia.
Ini mudah dan murah, yang diperlukan sekali lagi tentu
Content Management dan tentu lebih baik untuk Content Management ini ada
lembaga yang profesional mengelolanya dan bisa dibuat untuk full year planning
dan bisa menggambarkan Indonesia secara utuh baik untuk Pariwisata – Investasi dan
Perdagangan serta sektor yang lainnya misalnya perikanan dan pendidikan
misalnya.
Cara lain untuk mempromosikan atau membuat viral didunia maya
adalah dengan membuat program misalnya pesta Blogger dengan mengangkat tema
tentang Wonderful Indonesia atau Remarkable Indonesia, atau bisa juga
mengadakan lomba Video potensi wisata untuk masing-masing kabupaten dan kota
dan memakai tagar Kabupatenserta Provinsinya serta tentu dengan tagar
Wonderlful Indonesia serta Remarkable Indonesia, saya sangat yakin ini akan
selalu naik menjadi Trending Topics Dunia.
Mungkin itu yang bisa kami gambarkan bagaimana kita bisa
menggunakan kemajuan dunia maya atau Internet apalagi sekarang untuk jaringan
Internet sudah tersebar diseluruh pelosok tanah air. Sehingga dengan kesadaran
kita sebagai anak bangsa mari kita jalin persatuan dan lupakan perbedaan dan
kita sama-sama bertekad untuk menjadi Indonesia negara yang kuat dan hebat
serta Persatuan dan NKRI adalah Harga Mati. Lupakan perbedaan politik dan
jadikan kebhinekaan sebagai kekuatan bangsa, hanya dengan Like and Share serta Liked/loved serta re-tweeted content tentang
Indonesia akan sangat berarti untuk promosi Indonesia dan semoga dengan semakin
berkembangnya Pariwisata dan semakin banyaknya Investasi semakin membuka
lapangan pekerjaan serta kemajuan untuk bangsa Indonesia. Sehingga bukan tidak
mungkin Indonesia menjadi bangsa yang hebat yang bisa berdiri sama tinggi
dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia dan jauh dari rasa Inferior, dan saya
sangat yakin kita pasti bisa – Nothing Impossible...Semoga
Bekasi 31 Desember
2016
@Rizal2407
- Masrizal Umar
"Janganlah Berfikir Menjadi Orang Sukses Tapi
Berusahalah Menjadi Orang yang Bernilai"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar