Selasa, 06 Desember 2016

Digital Marketing Series – Peranan Penting Internet Untuk Kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)



Di Tengah persaingan ekonomi baik dalam negeri maupun dunia internasional yang sekarang begerak sangat cepat dan dinamis. Kondisi ekonomi suatu negara tidak hanya semata-semata dipengaruhi oleh perkembangan kondisi dunia usaha atau perekonomian itu sendiri tetapi sering sangat banyak dipengaruhi juga oleh kondisi politik disuatu negara atau kawasan, bahkan tidak jarang kejadian atau kondisi disatu negara bisa berdampak sangat baik maupun buruk terhadap negara lain misalnya waktu Krisis Yunani, Brexit bahkan yang terakhir dan banyak mengagetkan semua orang di muka bumi ini tentu terpilihnya Donal Trump dari Partai Republik menggatikan si “kuda hitam” dan the rising star Barrack Obama yang notabene berasal dari Partai Demokrat yang sudah berkuasa selama 2 periode atau 8 tahun. Terus apa hubungannya hal diatas dengan Peranan Internet dengan Kemajuan UKM, memang tidak tetapi kita tahu banyak kejadian diatas banyak sekali dipengaruhi oleh peranan Internet dalam mempengaruhi perekonomian dan politik disuatu negara, terlebih dengan semakin massive-nya penetrasi intenet dan sosmed yang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan diantara kegunaan atau fungsi yang ada dalam internet.

Kembali membicarakan peranan Intenet terhadap kemajuan UKM apa?. Kita Selalu terjebak bahwa Peranan Intenet untuk Kemajuan UKM adalah untuk penjualan secara online baik dari Aplikasi Medsos seperti Facebook – Twitter – Instagram – Blogger – bahkan Online Store terkenal seperti Bukalapak – Tokopedia – Blibli – Kaskus = Lazada – Matahari Mall – Elevenia dan banyak lagi yang lainnya atau banyak juga online shop sendiri baik untuk penjualan barang-barang elektronik – busana – produk2 kreatif – serta produk-produk UKM lainnya seperti Furniture – hasil kerajinan tangan -Makanan dan Minuman serta obat-obatan tradisional misalnya. Tidak salah memang kalau selama ini kita hanya menganggap Internet untuk kemajuan dunia usaha atau UKM adalah hanya untuk marketplace atau tempat berjualan secara online. Tetapi menurut hemat kami, Hal diatas itu adalah pemahaman yang harus kita luruskan kenapa memang tidak salah bahwa Online Store atau Digital Marketplace banyak berperanan dalam mendorong perkembangan dunia usaha khususnya UKM tetapi yang jauh lebih penting dari Internet adalah Mendorong orang atau memotivasi orang untuk memelui usaha atau menjadi pengusaha serta membangun networking yang cepat dengan para pelanggan serta membangun engagement yang ujungnya adalah membentuk trust dan akhirnya terjadi transaksi atau closed sales dan yang jauh lebih penting tentu terjadinya “repeat sales” serta pasar yang terus berkembang.

Dari pengamatan yang kami lakukan adalah Internet tidak hanya untuk marketplace untuk berjualan tetapi yang jauh lebih penting adalah menjadi inpirasi baik anak-anak muda maupun ibu-ibu rumah tangga untuk mau berbisnis karena melihat pasar menjadi terbuka luas dengan adanya Internet. Misalnya dengan bergabungnya sesoorang dengan Facebook atau Twitter atau Instagram misalnya dari yang semula tidak mau usaha atau berbisnis menjadi tertarik untuk “mencoba” berbisnis. Banyak kita dengar cerita bahwa ada Ibu-ibu yang pintar membuat suatu jenis masakan misalnya sambal atau rendang misalnya dan isen-iseng posting di FB atau Instagram dan karena memang tampilan yang yummy atau menggugah selera banyak teman-teman atau followernya tertarik dan mulai memesan masakan tersebut dan karena memang masakannya memang enak atau special menjadi buah bibir antar teman atau sering secara ilmu marketing disebut “word of mouth” atau mungkin ketok ular misalnya. Sehingga apa yang terjadi dalam waktu singkat banyak yang pesan atau berminat dengan produk sambal atau makanan yang ditawarkan tadi dan tidak butuh lama menjadi bisnis yang berkembang dan yang tadinya masakan itu dikerjakan sendiri sekarang sudah harus memperkerjakan orang lain untuk membantu mengerjakan pesanan yang semakin banyak.

Tadinya Ibu tersebut yang hanya berjualan di Facebook atau Instagram atau Line dan WA dengan adanya Online Store yang lebih profesional dalam menyiapkan marketplace serta promosi yang lebih massive akhirnya Ibu tadi juga membuka Account atau Toko atau Lapak dibeberapa Online Store yang sudah terkenal seperti Bukalapak – Tokopedia – Lazada – Kaskus dan lain-lain sehingga pasarnya semakin berkembang dan malah naik kelas menjadi pengusaha kelas menengah misalnya.
Dari cerita diatas dapat kita simpulkan bahwa Internet tidak hanya menyediakan Marketplace untuk Usaha Kecil dan Menengah tetapi yang jauh lebih penting adalah menjadi Inspirasi atau menjadi pendorong para anak muda, para ibu rumah tangga atau para pelaku usaha kecil dan menengah yang sudah sudah ada untuk bisa menggunakan Internet untuk mendapatkan inspirasi dan sudah tentu juga adalah Marketplace yang sangat banyak peluangnya mulai dari paling sederhana FB dan Instagram misalnya sampai membuka toko di Online Store terkenal dan tidak mungkin juga nantinya untuk membuka Online Shop Sendiri. Sehingga akhirnya semakin banyak orang yang menjadi pengusaha dan khusus untuk anak-anak muda menjadi terinspirasi atau berani menjadi pengusaha dan munculnya kreatifitas-kreatitas untuk menghasilkan produk dan jasa yang bisa dipasarkan melalui Marketplace di Internet atau mungkin toko atau store yang ada di mall atau di pasar-pasar yang sudah ada.

Hal yang penting yang perlu kita catat disini adalah Peranan Internet untuk membangkitkan kepercayaan diri untuk memulai usaha dan tidak takut gagal. Serta munculnya atau menjamurnya komunitas-komunitas bisnis yang mendorong makin banyak munculnya pengusaha-pengusaha baru yang nantinya menjadi tulang punggung perekonomian nasional yang telah terbukti tahan terhadap krisis.

Disamping hal diatas Internet juga bisa menjadi media untuk belajar secara gratis yang sebelumnya sudah kami ceritakan di artikel tentang Knowledege Management di Era Digital sehingga semakin bertambang pengetahuan dan bisa jadi menjadi Inspirasi untuk terus bekreasi demi untuk menghasilkan produk dan jasa yang makin berkualitas. Semoga..
Bekasi 6 Desember 2016
@Rizal - Masrizal Umar

"Janganlah Berfikir Menjadi Orang Sukses Tapi Berusahalah Menjadi Orang yang Bernilai"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar