Di Tengah persaingan ekonomi baik
dalam negeri maupun dunia internasional yang sekarang begerak sangat cepat dan
dinamis. Kondisi ekonomi suatu negara tidak hanya semata-semata dipengaruhi
oleh perkembangan kondisi dunia usaha atau perekonomian itu sendiri tetapi
sering sangat banyak dipengaruhi juga oleh kondisi politik disuatu negara atau
kawasan, bahkan tidak jarang kejadian atau kondisi disatu negara bisa berdampak
sangat baik maupun buruk terhadap negara lain misalnya waktu Krisis Yunani,
Brexit bahkan yang terakhir dan banyak mengagetkan semua orang di muka bumi ini
tentu terpilihnya Donal Trump dari Partai Republik menggatikan si “kuda hitam”
dan the rising star Barrack Obama
yang notabene berasal dari Partai Demokrat yang sudah berkuasa selama 2 periode
atau 8 tahun. Terus apa hubungannya hal diatas dengan Peranan Internet dengan
Kemajuan UKM, memang tidak tetapi kita tahu banyak kejadian diatas banyak
sekali dipengaruhi oleh peranan Internet dalam mempengaruhi perekonomian dan
politik disuatu negara, terlebih dengan semakin massive-nya penetrasi intenet
dan sosmed yang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan diantara kegunaan
atau fungsi yang ada dalam internet.
Kembali membicarakan peranan
Intenet terhadap kemajuan UKM apa?. Kita Selalu terjebak bahwa Peranan Intenet
untuk Kemajuan UKM adalah untuk penjualan secara online baik dari Aplikasi
Medsos seperti Facebook – Twitter – Instagram – Blogger – bahkan Online Store
terkenal seperti Bukalapak – Tokopedia – Blibli – Kaskus = Lazada – Matahari Mall
– Elevenia dan banyak lagi yang lainnya atau banyak juga online shop sendiri
baik untuk penjualan barang-barang elektronik – busana – produk2 kreatif – serta
produk-produk UKM lainnya seperti Furniture – hasil kerajinan tangan -Makanan
dan Minuman serta obat-obatan tradisional misalnya. Tidak salah memang kalau
selama ini kita hanya menganggap Internet untuk kemajuan dunia usaha atau UKM
adalah hanya untuk marketplace atau tempat berjualan secara online. Tetapi menurut
hemat kami, Hal diatas itu adalah pemahaman yang harus kita luruskan kenapa
memang tidak salah bahwa Online Store atau Digital Marketplace banyak
berperanan dalam mendorong perkembangan dunia usaha khususnya UKM tetapi yang
jauh lebih penting dari Internet adalah Mendorong orang atau memotivasi orang
untuk memelui usaha atau menjadi pengusaha serta membangun networking yang
cepat dengan para pelanggan serta membangun engagement yang ujungnya adalah
membentuk trust dan akhirnya terjadi transaksi atau closed sales dan yang jauh
lebih penting tentu terjadinya “repeat sales” serta pasar yang terus
berkembang.
Dari pengamatan yang kami lakukan
adalah Internet tidak hanya untuk marketplace untuk berjualan tetapi yang jauh
lebih penting adalah menjadi inpirasi baik anak-anak muda maupun ibu-ibu rumah
tangga untuk mau berbisnis karena melihat pasar menjadi terbuka luas dengan
adanya Internet. Misalnya dengan bergabungnya sesoorang dengan Facebook atau
Twitter atau Instagram misalnya dari yang semula tidak mau usaha atau berbisnis
menjadi tertarik untuk “mencoba” berbisnis. Banyak kita dengar cerita bahwa ada
Ibu-ibu yang pintar membuat suatu jenis masakan misalnya sambal atau rendang misalnya
dan isen-iseng posting di FB atau Instagram dan karena memang tampilan yang
yummy atau menggugah selera banyak teman-teman atau followernya tertarik dan
mulai memesan masakan tersebut dan karena memang masakannya memang enak atau
special menjadi buah bibir antar teman atau sering secara ilmu marketing
disebut “word of mouth” atau mungkin ketok ular misalnya. Sehingga apa yang
terjadi dalam waktu singkat banyak yang pesan atau berminat dengan produk
sambal atau makanan yang ditawarkan tadi dan tidak butuh lama menjadi bisnis
yang berkembang dan yang tadinya masakan itu dikerjakan sendiri sekarang sudah
harus memperkerjakan orang lain untuk membantu mengerjakan pesanan yang semakin
banyak.
Tadinya Ibu tersebut yang hanya
berjualan di Facebook atau Instagram atau Line dan WA dengan adanya Online
Store yang lebih profesional dalam menyiapkan marketplace serta promosi yang
lebih massive akhirnya Ibu tadi juga membuka Account atau Toko atau Lapak
dibeberapa Online Store yang sudah terkenal seperti Bukalapak – Tokopedia –
Lazada – Kaskus dan lain-lain sehingga pasarnya semakin berkembang dan malah
naik kelas menjadi pengusaha kelas menengah misalnya.
Dari cerita diatas dapat kita
simpulkan bahwa Internet tidak hanya menyediakan Marketplace untuk Usaha Kecil
dan Menengah tetapi yang jauh lebih penting adalah menjadi Inspirasi atau menjadi pendorong para anak muda, para ibu rumah
tangga atau para pelaku usaha kecil dan menengah yang sudah sudah ada untuk
bisa menggunakan Internet untuk mendapatkan inspirasi dan sudah tentu juga
adalah Marketplace yang sangat banyak peluangnya mulai dari paling sederhana FB
dan Instagram misalnya sampai membuka toko di Online Store terkenal dan tidak
mungkin juga nantinya untuk membuka Online Shop Sendiri. Sehingga akhirnya
semakin banyak orang yang menjadi pengusaha dan khusus untuk anak-anak muda
menjadi terinspirasi atau berani menjadi pengusaha dan munculnya
kreatifitas-kreatitas untuk menghasilkan produk dan jasa yang bisa dipasarkan
melalui Marketplace di Internet atau mungkin toko atau store yang ada di mall
atau di pasar-pasar yang sudah ada.
Hal yang penting yang perlu kita
catat disini adalah Peranan Internet untuk membangkitkan kepercayaan diri untuk
memulai usaha dan tidak takut gagal. Serta munculnya atau menjamurnya
komunitas-komunitas bisnis yang mendorong makin banyak munculnya
pengusaha-pengusaha baru yang nantinya menjadi tulang punggung perekonomian
nasional yang telah terbukti tahan terhadap krisis.
Disamping hal diatas Internet
juga bisa menjadi media untuk belajar secara gratis yang sebelumnya sudah kami
ceritakan di artikel tentang Knowledege Management di Era Digital sehingga
semakin bertambang pengetahuan dan bisa jadi menjadi Inspirasi untuk terus
bekreasi demi untuk menghasilkan produk dan jasa yang makin berkualitas.
Semoga..
Bekasi 6 Desember 2016
@Rizal -
Masrizal Umar
PT Sintola Solusindo Dinamika https://www.youtube.com/channel/UCfvtOZg5qMAJGPwk1xT03yw
"Janganlah Berfikir Menjadi
Orang Sukses Tapi Berusahalah Menjadi Orang yang Bernilai"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar